Social Icons

Pages

Wisata Ke Luar Negeri Sendirian?



www.freedigitalphotos.net

Tidak sedikit orang yang berwisata ke luar negeri sendirian agar bisa optimal menikmati liburan di tempat wisata tujuannya. Namun, jika anda berminat dan baru pertama kali akan mencobanya perhatikanlah beberapa tips wisata ke luar negeri sendirian ini.

Jangan pernah berpikir bahwa lingkungan luar negeri selalu lebih baik dari negara sendiri. Jangan anggap di negara lain lebih aman daripada kota tempat anda tinggal di Indonesia. Beberapa negara Eropa seperi Amsterdam memiliki tingkat kejahatan yang mengkhawatirkan apalagi kepada pelancong wanita. Kasus kecopetan merupakan tindak kejahatan yang kerap terjadi terhadap wisatawan di Amsterdam.


Tapi bagi pecinta wisata, fakta tersebut bukanlah alasan mengurungkan niat karena ada beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk mengantisipasi kejadian tersebut saat wisata ke luar negeri sendirian.

1. Catat informasi tentang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)

Tips pertama adalah ketahui dan catat informasi penting tentang keberadaan KBRI di negara tujuan. Jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi KBRI merupakan tempat terbaik untuk mencari bantuan.

2. Copy semua dokumen penting

Lakukan copy/scan atas semua dokumen penting yang dibawa, misalnya paspor, tiket pesawat, asuransi perjalanan, dan lain-lain. Copy dokumen itu bisa berfungsi sebagai dokumen cadangan seandainya kejadian buruk menimpa anda selama wisata ke luar negeri sendirian.

3. Print rute traveling

cetak jalur wisata yang anda tempuh. Tidak ada salahnya anda menyimpan hardcopy atas rute perjalanan. Kelemahan gadget adalah tingginya kebutuhan mereka akan baterai. Dokumen rute yang anda pegang bisa jadi solusi cepat saat anda perlu mengetahui informasi tentang alamat, transportasi umum dan sebagainya.

4. Pintar memilih transportasi

Untuk memberi pengalaman tak terlupakan jangan terlalu mengandalkan taksi untuk bepergian. Menggunakan transportasi umum bisa memberikan pengalaman menyenangkan.
Ingat untuk selalu waspada akan barang bawaan saat menggunakan transportasi umum ini.

5. Bersosialisasi dengan turis lain

Anda bisa saja wisata sendirian ke luar negeri. Namun di negara destinasi wisata, upayakan cari teman untuk dapat berwisata berbarengan.

Anda dapat mulai berkenalan dengan penghuni kamar sebelah di lokasi anda menginap. Beri tawaran untuk melakukan perjalanan wisata bersama.

6. Jangan perlihatkan diri Anda turis

Berbaur adalah cara yang cerdas saat berwisata di negara lain. Saat anda berinteraksi ke tempat-tempat lokal, sebisa mungkin jangan perlihatkan diri anda sebagai wisatawan asing. Salah satu alasannya adalah untuk mencegah anda dari sasaran tindak kejahatan.

Sebelum berangkat tentu anda bisa pelajari kebudayaan setempat misalnya cara berpakaian masyarakat lokalnya.

7. Jangan sembarangan berkenalan dengan orang asing

Bagi yang ingin wisata ke luar negeri sendirian, mencari teman di negara tujuan bisa menjadi hal menyenangkan. Namun tetap saja jangan sembarangan berkenalan dengan orang asing. Cerdaslah dalam bersosialisasi mencari kenalan baru di negara destinasi.

Banyak kelompok orang di negara destinasi yang berpenampilan sangat menarik dan baik menawarkan pertolongan untuk menjebak wisatawan asing sebagai korban tindak kejahatan. Jika sudah demikian, gunakan insting terbaik anda dalam menjaga keselamatan diri dan kenyamanan saat wisata ke luar negeri sendirian.

Itulah 7 tips wisata ke luar negeri sendirian. Jika anda memang suka berwisata, optimislah akan segala tantangan dan bersiaplah menjelajah ke seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar