Social Icons

Pages

Negara Ethiopia : Memahami Budaya dan Masyarakat Ethiopia





www.utoronto.ca
Negara Ethiopia mempunyai tatanan masyarakat yang majemuk, multi budaya, multi etnis, sekaligus multi agama. Paling tidak terdapat 84 bahasa daerah yang mayoritas adalah perpaduan bahasa afro-asia. Meskipun demikian bahasa Inggris diterapkan secara luas terutama dalam aktivitas perdagangan dan bisnis.

Bahasa Inggris sudah masuk sebagai bahasa standar dalam pembelajaran di sekolah menengah atas negara Ethiopia sampai kursi pendidikan tingkat perguruan tinggi. Selain Inggris ada bahasa Amharic yang menjadi bahas standar di sekolah dasar. Pemerintah Ethiopia memberi kebebasan bagi kelompok etnis di daerah dalam menggunakan bahasa daerah dan menerapkannya sebagai bahasa pengantar di dunia pendidikan negara Ethiopia.

Penduduk Ethiopia terkenal kereligiusannya bahkan faktor keagamaan sangat berperan penting dalam keseharian masyarakatnya. Setidaknya 50% populasi Ethiopia adalah penganut Kristen Orthodok (Orthodox Church) yang juga berperan besar di dunia politik sampai sosial budaya masyarakat Ethiopia. Populasi masyarakat muslim mencapai 45% dari total populasi negara ini yang berjumlah 90 juta jiwa.
Komunitas muslim sangat berperan juga dalam aspek bisnis dan ekonomi di negara ini. Mayoritas masyarakat muslim ini tinggal di wilayah bagian Timur, wilayah bagian Selatan dan daerah lembah di bagian 
Barat, namun juga tidak sedikit yang menetap di Addis Ababa.

Gaya Berkomunikasi Masyarakat Negara Ethiopia
Penduduk Ethiopia, lebih spesifiknya para pebisnis dan wiraswasta pada dasarnya sangat waspada dalam berinteraksi dengan mitra asing. Hal ini cukup beralasan karena mayoritas kalangan bisnis Ethiopia belum melihat komunikasi bisnis dengan mitra asing sebagai hal biasa, bahkan baru dalam beberapa decade lalu komunikasi bisnis masyarakat negara Ethiopia mengalami perkembangan penting yang mengiringi pertumbuhan ekonomi nasional negara ini.

Secara umum, penduduk Ethiopia dikenal sebagai orang yang sopan, bersahaja, sederhana dan menghormati mitra bisnisnya. Gaya berkomunikasi ditunjukkan dengan cara berbicara yang halus. Bila nada suara terlalu keras maka akan dianggap sebagai sikap agresif. Masyarakat negara Ethiopia sangat menghargai perasaan orang lain, dalam berinteraksi mereka selalu menghindari pertentangan dan menghindari perilaku yang dapat mempermalukan orang lain.

Sangat penting bagi orang asing untuk dapat memperlakukan masyarakat Ethiopia secara baik dan bersahaja. Dalam hal bisnis, orang Ethiopia akan menghargai bila diperlakukan secara professional tanpa merendahkan martabat dan harga dirinya.

Pertemuan Bisnis Masyarakat Negara Ethiopia
Para pelaku usaha di negara ini pada dasarnya bersikap fleksibel soal waktu. Sekalipun dalam setiap pertemuan telah ditetapkan sebuah jadwal dan agenda pertemuan, semua itu bukanlah hal mengikat melainkan hanya sebagai panduan komunikasi untuk pembahasan yang lebih serius. Hubungan personal dipandang penting dalam tatanan budaya dan adat masyarakat negara Ethiopia. Pertemuan bisnis biasanya diawali dengan pembicaraan santai yang bersifat informal, suasana ramah dengan suguhan kopi atau teh. Mitra bisnis asing akan diperlakukan sebagai sahabat dekat, akibatnya sulit bagi mereka untuk berkata tidak. Namun hal ini bukan berarti mereka akan memenuhi semua permintaan mitra bisnis asing.

Ungkapan salam yang biasa dilakukan masyarakat Ethiopia adalah berjabat tangan dan tatapan pandangan langsung. Namun cara berjabat tangan yang menjadi budaya masyarakat mirip dengan budaya masyarakat Eropa yaitu berjabat tangan tidak terlalu erat. Khusus untuk mereka yang memiliki hubungan personal sangat dekat cium pipi tiga kali sudah menjadi kebiasaan. Jika menyapa seseorang, biasa memanggil “Ato” yang berarti “Bapak” baru dilanjutkan dengan nama orang itu.

Di kebiasaan masyarakat negara Ethiopia, waktu pertemuan biasanya tidak ditetapkan secara pasti. Hal ini memiliki arti bahwa substansi pembicaraan dalam pertemuan jauh lebih penting dan kepuasan para pihak dalam mencapai kesepakatan lebih utama. Sebuah pertemuan baru akan berakhir jika para pihak merasa sudah menyampaikan pandangannya dan tidak ada yang tertinggal.

Memberi Hadiah dalam Budaya Masyarakat Negara Ethiopia
Di negara Ethiopia, hadiah atau cinderamata lazimnya diberikan untuk acara keagamaan atau kegiatan penting lainnya. Dalam hal berbisnis hal ini bisa dilakukan namun jangan terlalu berlebihan, cukup hadiah sederhana saja. Pemberian hadiah yang berlebihan dapat dipandang secara negatif menurut masyarakat negara Ethiopia.

Dalam memenuhi undangan di rumah keluarga masyarakat Ethiopia tidak ada salahnya jika anda membawa buah-buahan, kue atau bunga untuk tuan rumah. Hadiah kecil dan sederhana untuk anak-anak cukup lazim dan sangat dihargai. Tidak disarankan untuk membawa minuman beralkohol terkecuali anda sudah yakin tuan rumah pasti meminum alkohol.


Kebiasaan Minum Kopi Masyarakat Negara Ethiopia
Penduduk Ethiopia dikenal sebagai penikmat kopi sejati mengingat menurut sumber sejarah kopi memang berasal dari Provinsi Kaffa, salah satu Provinsi negara ini. Bahkan kopi menjadi salah satu produk andalan ekspor negara Ethiopia.
kitchentalks.com
Selain menjadi produk ekspor negara Ethiopia, kopi menjadi minuman nasional masyarakat dimana ritual penyajian kopi itu bisa menghabiskan waktu satu jam. Dala berbagai jamuan jangan heran jika ditawari minum kopi beberapa kali. Jika anda ditawari kopi, cobalah untuk menerima dan menikmatinya, menolak dapat berarti anda tidak menghargai. Tuan rumah akan merasa terhormat jika sang tamu tahu cara meminum kopinya. Caranya adalah hisap aroma kopi dalam-dalam terlebih dahulu baru meminumnya secara perlahan.

Kebiasaan Jamuan Makan Masyarakat Negara Ethiopia
Mendapatkan undangan makan ke rumah merupakan sebuah kehormatan. Sekalipun orang Ethiopia tidak terlalu memikirkan soal waktu, jika anda menerima undangan seperti ini usahakan untuk tidak datang terlambat.

Perjalanan wisata ke negara Ethiopia atau perjalanan bisnis dapat lebih nyaman jika kita memahami bagaimana kebudayaan setempat. Siap untuk melakukan perjalanan ke negara Ethopia? Selamat menikmati perjalanan anda.

3 komentar: