Social Icons

Pages

Cara Sampai ke Pualu Berhala


www.akilmochtar.com
Seperti sudah di bahas di postingan lainnya tentang lokasi Pulau Berhala minat pembaca untuk segera mendatangi dan menikmati keindahan alam Pulau Berhala tentu meningkat bukan? Kali ini akan dibahas tentang cara sampai ke Pulau Berhala.

Akses terdekat adalah melalui Medan. Dari Jakarta anda harus pergi dulu ke Medan. 

Gunakan penerbangan yang ada untuk sampai ke Medan. Dari Bandara ke Tanjung Beringin bisa menyewa kendaraan atau menggunakan angkutan umum.

Cara Sampai ke Pulau Berhala dari Tanjung Beringin bisa terwujud melalui tiga pilihan jalur.

Pertama melalui Belawan. Perjalanan yang harus ditempuh sekitar 48 mil atau sekitar 2 jam dengan menggunakan speed boat.

Kedua melalui Pantai Cermin, Perbaungan dimana akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 3 jam menggunakan kappa tongkang.

Dan Ketiga melalui Tanjung Beringin. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 4 jam menggunakan kapal tongkang.

Mana jalur terbaik? Menurut informasi yang diterima jalur pilihan ketiga-lah yang banyak digunakan wisatawan. Diperlukan biaya sekitar 2 juta rupiah untuk meminta kapal tongkang mengantarkan rombongan wisatawan dapat bernagkat dari Tanjung Beringin ke Pulau Berhala pulang pergi. Untuk lebih memberi rasa aman pergilah secara rombongan atau bisa memesan kapal dari Pondok Nelayan di Kuala Tanjung.

Perjalanan ke Pulau Berhala Lewat Tanjung Beringin
Perjalanan 4 jam dengan kapal tongkang akan semakin berkesan karena hantaman ombak semakin berasa. Jika anda mabuk laut anda harus bisa menahannya.

Kesabaran anda akan terbayar saat melihat pemandangan Pulau Berhala dimana pulau ini diapit Pulau Sokong Datuk di sebelah kanan dan Pualu Sokong Nenek di sebelah kiri. Setiba di dermaga Pulau Berhala anda akan disambut oleh pasukan Korps Marinir Angkatan Laut yang selalu berjaga mengamankan pulau terluar ini di wilayah perbatasan.

Ketibaan di Pulau Berhala
Perlu diketahui bahwa prosedur bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata Pulau Berhala adalah pemeriksaan identitas.
Dermaga Pulau Berhala (boedi13.wordpress.com)

Sebelum berangkat anda bisa memastikan bagaimana akomodasi di sana nantinya. Menurut informasi terdapat 3 Mes Navigasi milik Kementerian Perhubungan yang bisa disewakan kepada wisatawan untuk akomodasi meskipun membuat tenda sendiri juga memungkinkan. Harga mes ditetapkan berdasarkan negosiasi namun umumnya harga akan berkisar 100 sampai 200 ribu rupiah.

Objek keindahan di Pulau Berhala sendiri termasuk Pulau Sokong Nenek dan Pulau Sokng Datuk. Terdapat beberapa karang indah yang akan memecah hantaman ombak laut membentuk percikan air yang semakin indah. Sangat cocok bagi penggila fotografi alam.

2 komentar: