Social Icons

Pages

Lokasi Pulau Berhala, Pulau Terluar di Perbatasan Indonesia




maxvictorinox.blogspot.com
Pulau Berhala merupakan pulau terluar yang terletak di bagian Utara Sumatera. Mungkin tidak banyak yang tahu nama pulau Berhala namun pulau ini mulai terkenal saat pasukan TNI Angkatan Laut mulai masuk dan melakukan pejagaan di Pulau ini.

Asal anda tahu, pemandangan Pulau Berhala sangat memukau. Tidak lain dikarenakan pasirnya yang putih, ikan yang melimpah dan pantai yang indah.

PulauBerhala berlokasi di kawasan Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dengan jauh sekitar 22 mil dari garis pantai di Muara Kuala, pulau ini membagi perarian Selat Malaka antara kawasan Indonesia dan Malaysia. Kondisi geografis inilah yang menyebabkan Pulau Berhala sebagai salah satu Pulau terluar Indonesia yang juga berdekatan dengan Pulau Jarak yang menjadi Pulau Terluar Malaysia di Selat Malaka.

Nama pulau ini tidak hanya satu di negeri kita, ada juga Pulau Berhala yang berlokasi di Jambi dimana sempat dipersengketakan dengan Kepulauan Riau akibat perebutan wilayah administratif. Di Malaysia juga terdapat 3 Pulau Berhala yaitu di bagian utara Kalimantan, di dekat Johor dan di Perak yang dinamakan Bantuan Berhala.

Pulau ini mulai ramai diperbincangkan masyarakat sejak dimasukan dalam buku Pulau Terluar di Indonesia dan diputuskan sebagai area strategis nasional oleh pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan Pulau ini tidak ada penghuninya dan berpotensi ditempati orang asing sama halnya dengan Pulau Nipah di Batam dan Pulau Sekatung di Natuna, Kepulauan Riau.

Pulau ini menyimpan potensi pariwisata karena kondisi geografisnya. Pulau ini cocok bagi wisatawan yang menyukai hobi memancing, fotografi dan pecinta alam.

Jika anda suka dengan tempat wisata berupa suasana pantai yang asli, Pulau Berhala bisa menjadi tempat ideal berikutnya dalam liburan anda.

3 komentar: