Social Icons

Pages

Permasalahan Yang Sering Muncul Saat Liburan Ke Luar Negeri Bagian Pertama



sumber gambar : blog.commbank.com.au
Liburan merupakan salah satu pengalaman yang banyak diminati. Bagaimanapun juga, ada banyak masalah yang bisa anda hadapi saat berlibur ke luar negeri.

Terkadang masalah paling sederhana dapat merubah perjalanan liburan menjadi bencana. Itulah sebabnya penting untuk memahami apa saja permasalahan yang sering muncul saat liburan ke luar negeri. Jika anda mampu mengatasi hal ini, maka anda akan siap menghadapi kemungkinan yang terjadi.

Permasalahan sebelum keberangkatan

Apa saja yang harus dibawa
Sebenarnya anda tidak perlu membawa barang terlalu banyak. Apa yang sebenarnya anda butuhkan adalah uang, pakaian yang cukup, obat dengan resep dokter, paspor dan tas punggung. Itu saja. Jika anda kelupaan sikat gigi atau odol, anda bisa membelinya di tempat tujuan liburan.


Untuk liburan ke luar negeri, sebuah buku panduan bisa sangat bermanfaat, namun ini juga sebenarnya benda lainya yang bisa anda beli saat tiba di tempat tujuan liburan. Banyak wisatawan profesional hanya membawa sedikit sekali barang di tas punggungnya.

Tertinggal Penerbangan
Bila anda tertinggal penerbangan, tetaplah tenang. Mungkin anda ketiduran atau kemacetan menghambat anda. bagaimanapun anda perlu check ini ke maskapai penerbangan. Ceritakan situasi anda dan minta bantuan mereka menemukan penerbangan lain ke tempat tujuan. Jangan takut untuk menggunakan penerbangan berikutnya atau tujuan dengan airport berbeda. Tentu saja, anda harus siap dengan biaya booking ulang. Sopanlah kepada petugas maskapai penerbangan tersebut dan mereka akan membantu anda sampai di tempat tujuan liburan.

Penundaan atau Pembatalan Penerbangan
Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Sebab umum terjadinya penundaan atau pembatalan penerbangan adalah cuaca atau masalah teknis pesawat. Ini bisa di minimalisir dengan mencari penerbangan langsung ke tempat tujuan. Jika anda harus transit, cari waktu transit yang cukup untuk mengantisipasi terjadinya delay yang bisa menyebabkan anda tertinggal penerbangan.

Jika anda tersendat karena terjadinya overbooking tanyakan apakah anda bisa mendapatkan fasilitas akomodasi sebagai kompensasinya. Jika penerbangan ditunda atau dibatalkan karena sebab cuaca buruk atau teknis pesawat maka anda tidak mendapat kompensasi apapun dan harus menunggu. Tetaplah update dengan informasi penerbangan dan buat perubahan seperlunya.

Setelah penerbangan/tiba di airport tujuan wisata

Bagasi Rusak/Hilang
Kecuali anda turis kelas berat yang hanya membawa tas punggung kecil untuk liburan, anda bisa mengalami kehilangan bagasi. Sekitar 1 dari 150 wisatawan akan mengalami hal ini. Jika bagasi anda hilang, laporkan segera dan isi formulir pengaduan kehilangan bagasi. Simpan semua dokumen perjalanan termasuk tiket pesawat, formulir klaim bagasi dan dokumen terkait lainnya. Pastikan untuk memeriksa apakah ada kompensasi untuk anda untuk keterlambatan penerimaan bagasi ini. Kebanyakan bagasi yang hilang akan ditemukan dan dikembalikan ke pemiliknya dalam beberapa jam atau hari. Maskapai penerbangan akan membawa bagasi ke tempat anda tinggal sehingga anda tidak perlu datang lagi ke airport.

Secara keseluruhan, dari keseluruhan bagasi hilang hanya 2% yang tidak ditemukan. Jika itu terjadi, kebanyakan maskapai penerbangan akan mengganti pemiliknya dengan uang tunai.

Sayangnya hal yang sama (ganti uang tunai) tidak terjadi untuk kerusakan bagasi. Namun, jika menurut anda kerusakannya teramat parah, anda bisa melaporkannya segera.

Semua bagasi hilang (yang tidak diketahui lagi pemiliknya dan sudah mendapat penggantian uang tunai) pada umumnya akan dikumpulkan di suatu tempat di suatu negara. Pada akhirnya bagasi-bagasi hilang itu akan dijual.

Pembatalan rental mobil
Jika penerbangan anda dibatalkan atau ditunda, rental mobil yang sudah anda hubungi mungkin beranggapan anda tidak akan datang. Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan mereka tahu nomor penerbangan anda sehingga mereka tahu jika ada penundaan atau keterlambatan. Simpan juga nomor kontak dan nomor konfirmasi yang sudah anda perjanjikan sebelumnya.

Menemukan tempat untuk istirahat setelah tiba di tempat tujuan
Jika anda adalah wisatawan pemula yang baru pertama kali ke luar negeri untuk berwisata ini bisa menjadi masalah penting. Meski pada kenyataannya tidaklah sulit menemukan tempat istirahat/penginapan mengingat anda berada di area wisata. Jika anda memiliki buku panduan, pilihlah satu tempat yang menurut anda nyaman dan pakai taksi untuk kesana. Jika ternyata tempat pilihan anda sudah penuh cukup jalan disekitar sana untuk menemukan tempat lain.

Untuk lebih memudahkan lagi anda bisa melakukan reservasi jauh hari sebelum tanggal kedatangan anda. Dengan demikian anda sudah tahu harus pergi kemana setelah tiba di tempat tujuan. Jangan lupa informasikan ke pihak hotel jika ada keterlambatan atau penundaan penerbangan akibat hal-hal di luar kendali anda.

Jel Lag
Jika anda liburan ke luar negeri dengan perbedaan waktu yang sangat panjang, anda bisa terkena jet lag. Untuk mengantisipasi ini anda perlu menyesuaikan waktu tidur beberapa hari sebelum berangkat.

Jika sudah terlanjur tiba di tempat tujuan dan anda merasa jet lag, minumlah air mineral yang cukup dan tingkatkan aktivitas fisik. Ini akan mengurangi efek jet lag dan memulihkan stamina tubuh saat wisata ke luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar