Social Icons

Pages

Niagara Kecil Curug Malela di Bandung Barat



mysupernovablast.blogspot.com
Ternyata Bandung tidak hanya populer sebagai Parijs van Java. Jika sedikit berkunjung ke arah barat, wisatawan dapat menjumpai “curug” (atau air terjun dalam bahasa Sunda) yang konon mirip sekali dengan miniatur niagara. Air terjun ini dinamakan Curug Malela.

Bandung memiliki kekayaan alam yang menggoda untuk diketahui, salah satunyaya air terjun. Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.


Curug ini belum banyak tersentuh tangan manusia. Jumlah kunjungan wisatawan tercatat masih minim. Curug ini memiliki kontur berundak setinggi 60-70 meter dengan 5 jalur memberikan pengalaman panorama yang menawan mata. Kondisi ini yang menyebabkan banyak orang menyebutnya sebagai “Niagara Kecil” karena selalu mengingatkan pengunjung akan air terjun terbesar yaitu Niagara di Kanada.

Debit Air Deras Beri Pengalaman Tak Terlupakan
Untuk mendapatkan pemandangan yang sangat memukau anda dapat menunggu hingga debnit airnya cukup deras. Jika dalam kondisi itu, aliran deras air terjun ini terlihat seperti benang sutra yang turun melalui 5 jalur berundak.

Anda perlu waspada jika debit air deras. Pastikan kamera favorit bawaan anda berada dalam pegangan yang baik. Jika tidak, benda apapu bisa terbawa derasnya arus curug ini.

Akses Masih Sulit
Curug ini cukup asli karena tergolong masih terisolasi. Untuk mencapainya dengan transportasi umum, wisatawan dapat berangkat melalui Terminal Cicaheum menggunakan bus menuju Bunijaya. Bunijaya adalah perbatasan Bandung-Cianjur. Bus di jalur perjalanan ini hanya ada di jam tertentu. Jika anda memiliki kendaraan pribadi akan lebih baik.

Bunijaya sudah menunggu anda dengan jalur yang cukup ekstrem dengan jarak 12 km menuju tempat parkir. Dari tempat istirahat kendaraan ini, jalan menuju curug hanya bisa ditempuh dengan pendakian sekitar 3-4 km melewati persawahan dan bukit-bukit. Terdengar melelahkan?

Jika anda pecinta nuansa alam yang asli sebagai tujuan wisata, semua itu akan terbayar dengan keindahan Niagara Kecil nantinya.

Sampai di Bunijaya, kita akan menghadapi jalur yang cukup ekstrem sekitar 12 Km menuju parkiran. Dari sana, perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan trekking sekitar 3-4 Km melewati bukit-bukit dan pesawahan.

Siap mendatangi Niagara Kecil Curug Malela di Bandung Barat? Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar