Social Icons

Pages

5 Tips Wisata ke Air Terjun



niluhekaindiany.blogspot.com

Air terjun merupakan tempat wisata alternatif yang cocok untuk wisatawan yang suka sekali dengan air. Untuk menjamin kenyamanan saat berwisata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita menuju tempat wisata air terjun.

Wisata air terjun dapat memberikan nuansa sejuk dari kesegaran lingkungan yang ada di objek wisata itu. Nah, jika anda berencana menuju tempat wisata air terjun inilah 5 hal penting untuk wisata ke air terjun

1. Pakai baju hangat dan bawa baju ganti
Kesegaran lingkungan dan ketinggian lokasi menyebabkan suasana udara di tempat wisata menjadi dingin. Oleh karena itu jangan lupa untuk memakai pakaian yang hangat. Ini berfungsi untuk menjaga stamina tubuh selama di tempat wisata air terjun.


Baju ganti bermanfaat untuk mengantisipasi jika anda tergiur untuk menceburkan diri mencoba kesegaran air terjun. Jika anda membawa baju ganti, tentu rasa penasaran akan terobati dan terhindar dari resiko sakit flu atau masuk angin.

2. Waspada dengan tumpahan air
Banyak orang suka sekali berdiam diri di bawah guyuran air terjun. Memang hal ini memberi sensasi pijatan akibat derasnya aliran air terjun. Namun sebagai sebuah aliran air alami, kita sulit memprediksi benda-benda yang ada dalam aliran air terjun.

Untuk keamanan anda dan keluarga, waspadalah saat anda melakukannya. Akan lebih baik jika anda tidak perlu melakukannya karena kita tidak pernah tahu benda apa saja yang ikut hanyut dalam aliran air terjun.

3. Stop bermain air jika hujan tiba
Hujan bisa menjadi berita buruk bagi pengunjung tempat wisata air terjun. Jika hujan datang, ada baiknya anda segera menepi dan berhenti bermain air. Derasnya hujan akan menambah volume aliran air yang bisa menghanyutkan siapa pun/apa pun yang ada di jalur aliran itu.

4. Waspada hewan liar
Selain cuaca, habitat hewan di tempat wisata air terjun juga perlu diperhatikan. Tempat wisata yang terjaga keasliannya tentu dipenuhi oleh hewan asli yang liar. Entah itu monyet, burung, atau apa pun itu.

Sekalipun hewan liar yang anda jumpai terlihat lucu, jangan hilang kewaspadaan saat bertemu mereka. Bagaimanapun mereka adalah hewan liar yang mungkin tidak terbiasa bertemu manusia sehingga bisa saja mereka melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan untuk sekedar mempertahan diri sebagai insting hewan bertahan hidup.

5. Jaga kebersihan
Kebersihan kerap terabaikan oleh banyak wisatawan. Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab anda harus peduli akan kebersihan lingkungan tempat wisata air terjun. Jika perlu anda bisa membawa kantung plastik sendiri sebagai tempat mengumpulkan sampah pribadi dan membuangnya di tempat yang tersedia.
Kebersihan lingkungan tempat wisata tidak hanya bermanfaat untuk manusia tapi juga habitat asli di tempat wisata itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar