Social Icons

Pages

Permasalahan Yang Sering Muncul Saat Liburan Ke Luar Negeri Bagian Kedua



travel.state.gov
Di postingan sebelumnya kita sudah membahas berbagai masalah yang sering muncul saat liburan ke luar negeri yang mencakup berbagai hal mulai dari sebelum keberangkatan sampai kedatangan di airport negara tujuan.

Akan menyenangkan jika masalah hanya muncul di bagian itu saja. Namun, permasalahan itu hanya sebagian dari seluruh permasalahan umum yang berpotensi menyulitkan anda saat berlibur ke luar negeri.

Berita baiknya adalah semua masalah ini tidak pernah tampak terlalu buruk sebagaimana kelihatannya. Jika anda tahu apa yang harus dilakukan, anda tidak akan membiarkan masalah ini merusak suasana liburan anda yang menyenangkan.

Permasalahan selama liburan di tempat tujuan

Penipuan
Di mana ada turis, selalu ada orang-orang yang berusaha memanfaatkan mereka untuk mendapatkan uang. Sayangnya tidak semua orang jujur. Penipu sangat bergantung kepada ketidaktahuan turis akan suatu daerah. Mereka akan mengelabui anda saat anda tampak lelah atau bingung.

Banyak penipu akan menghubungi anda di tengah malam seolah mereka adalah petugas hotel menanyakan informasi kartu kredit anda. Beberapa lainnya akan bertindak seolah mereka polisi dan menanyakan soal perhiasan dan informasi kartu kredit. Mereka bergantung pada ketidaktahuan turis akan penampilan seorang polisi di negara tujuan. Hal yang sama dapat terjadi di taksi. Pastikan anda hanya menaiki taksi berlisensi (taksi resmi). Selain itu, akan bermanfaat jika anda tetap update tentang informasi perjalanan dari konsulat atau kedutaan.

Gunakan insting anda, jika sesuatu tampak tidak wajar, maka kemungkinan itu memang tidak wajar.

Tindak kejahatan di negara tujuan
Penipu berusaha mengambil uang secara tidak sadar dari anda sedangkan kriminal memaksakan hal ini. Secara umum mungkin anda hanya akan menjumpai pecopet atau penodong saat berwisata. Hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan tidak terlihat seeprti korban. Bahkan saat anda tidak tahu arah atau tersesat, berusaha sebaik mungkin untuk terlihat bahwa anda tahu apa yang anda kerjakan. Seorang turis yang terlihat membawa kamera melingkari lehernya, melihat-lihat peta dan wajah tersesat adalah target utama para kriminal. Tetap update dengan apa yang disampaikan konsular atau kedutaan dan hindari tempat-tempat yang direkomendasikan untuk tidak dikunjungi.

Sakit saat liburan di luar negeri
Terkadang sakit saat liburan tidak dapat dihindari. Jika anda liburan ke luar negeri, pastikan anda sudah mendapat vaksinasi yang dipersyaratkan. Biasakan diri dengan berbagai kemungkinan penyakit yang datang. Membawa obat umum dengan resep dokter bisa menjadi solusi yang praktis. Masalah umum wisatawan di luar negeri adalah diare. Jika ini menimpa anda minumlah air mineral secukupnya dan biarkan diare hilang dengan sendirinya. Jika anda tidak tahan gunakan obat dengan resep dokter.

Kehilangan atau kecurian uang
Jangan simpan uang di satu tempat. Simpanlah uang anda di beberapa tempat yang nyaman bagi anda. Jika anda kecurian maka anda masih memiliki uang cadangan. Simpan kartu kredit di bagian yang lebih sulit untuk dicuri. Jika kartu kredit anda hilang segera laporkan kehilangan di perusahaan kartu kredit anda. Atau ada baiknya anda konsultasi ke perusahaan kartu kredit sebelum anda berangkat untuk membahas penyelesaian kehilangan kartu kredit di negara lain.

Kehilangan atau kecurian paspor
Paspor merupakan dokumen penting saat liburan ke luar negeri, namun jika hilang bukan berarti akhir dunia bagi anda. Cara terbaik untuk mengantisipasi hal ini adalah dengan menyimpan copy dokumen paspor dan simpan datanya di email. Kirim ke email anda sendiri. Surat elektronik seperti google atau yahoo dapat diakses dengan mudah dari manapun di seluruh dunia.

Paspor dapat saja hilang, namun anda dapat selalu mengaksesnya jika datanya tersimpan di email. Jika anda kehilangan paspor kontak polisi setempat, kedutaan atau konsulat di negara tujuan. Anda hanya perlu mengisi formulir dan anda akan segera mendapatkan paspor baru. Jangan khawatir, kedutaan akan mengurusnya untuk anda. Kedutaan sudah berpengalaman dengan situasi ini dan akan membantu anda. Itulah salah satu fungsi kedutaan di luar negeri.

Siap liburan ke luar negeri? Jangan khawatir dengan permasalahan yang sering muncul saat liburan ke luar negeri. Setelah membaca ini tentu anda lebih siap sekarang. Selamat liburan.



2 komentar: