Social Icons

Pages

Tips Wisata Pulau Gili



Terletak di Teluk Lombok Indonesia, Pulau Gili terdiri dari 3 pulau kecil yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Cukup lama pulau terpencil ini menjadi tujuan utama para pelancong dan backpackers. Meskipun saat ini biaya berwisata ke sana tidak semurah beberapa tahun lalu, Pulau Gili sangat cocok untuk tujuan alternatif selain Pulau Bali bahkan dengan beragam makanan seafood dan panorama pantai yang tidak kalah memikat. Tidak sedikit wisatawan yang lebih menyukai wisata Pulau Gili ketimbang Bali.

Perkiraan Biaya Wisata Pulau Gili

Akomodasi di Pulau Gili : pada dasarnya banyak tersedia penginapan murah di Pulau Gili mulai dari hotel sampai guest house. Harga berkisar pada Rp 150.000,- ke atas per malam. Sebuah kamar penginapan dengan kamar mandi dan pendingin ruangan dipatok minimal Rp 250.000,- per malam.


Makanan di Pulau Gili : kisaran harga makanan adalah Rp 30.000 – Rp 50.000,- per orang. Sebuah makan malam seafood yang cukup enak per orang berkisar Rp 100.000,-.

Transportasi di Pulau Gili : kita tidak bisa menyewa kendaraan roda empat di sini. Untuk mobilitas bisa berjalan kaki. Sebuah perahu akan menjadi transportasi penghubung antar pulau dengan tiket berkisar Rp 20.000,- per orang.

Aktivitas di Pulau Gili : akitivitas ringan seperti naik delman berkisar Rp 20.000,-. Untuk menyelam harga kisarannya Rp 600.000,-  untuk 2 tabung oksigen. Semua aktivitas berada di kisaran pantai dan laut.

Hal Menarik Dilakukan di Pulau Gili

Diving. Ketiga Pulau yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki sebuah pusat latihan menyelam bawah laut. Beragam ikan seperti lionfish, Ikan scorpion , cumi-cumi, sampai cuttle fish memenuhi perairan sekitar pulau. Banyak wisatawan beranggapan suasana menyelam di Pulau Gili lebih baik dibandingkan Bali.

Snorkelling. Kita bisa menyewa perahu pribadi jika berwisata dalam rombongan atau bergabung dengan wisatawan lain. Pemandangan snorkeling adalah ikan tropis, kura-kura dan flora fauna laut lainnya.

Bar dan dunia malam. Gili Trawangan adalah sebuah pulau tempat pesta. Pesta dilakukan secara rutin dan bergantian dari satu bar ke bar lainnya. Biasanya bar tersebut buka sampai pukul 4 dini hari. Saat pulau dipadati pengunjung, pesta bulan purnama diadakan di pantai bagian tenggara Trawangan dengan DJ yang memainkan musik sampai matahari terbit.

Berjemur di pantai. Pulau Gili memiliki panorama pantai yang memikat dan kita bisa melihat banyak wisatawan asing duduk atau berjemur seharian di sini. Pasirnya putih dengan air pantai yang bersih dan hangat. Tidak heran pantai akan membuat orang malas beranjak pergi.

Olah raga air. Kita bisa menyewa perahu pancing atau jika ingin sesuatu yang berbeda bisa mencoba parasailing, wake-boarding, atau water-skiing.
Bermain Kayak. Di sebelah utara Pulau Gili Trawangan kita bisa menyewa kayak atau membayar pemandu untuk keliling pulau dengan kayak. Tempat sewa Kayak yang terkenal di sana adalah Karma Kayak. Banyak hewan liar yang akan dijumpai selama tur dengan kayak mengelilingi Pulau Gili.

Berselancar. Bagian selatan pulau ini adalah area favorit berselancar. Ombaknya cukup banyak sepanjang tahun. Tidak perlu ahli, pemula dan anak-anak pun bisa menikmati berselancar di sini.

Bersantai. Salah satu kemewahan yang bisa didapatkan di sini adalah kebebasan bersantai. Kita bisa duduk dan melihat suasana seharian. Sambil membaca buku favorit, hanya suara deburan ombak yang akan mencuri perhatian selama kita menikmati suasana Pulau Gili.

Tips Wisata Hemat ke Pulau Gili
Sewa Sepeda : kita bisa menyewa sepeda seharga Rp 10.000,- per jam

Makanan pinggir jalan : banyak penjaja makanan pinggir jalan yang menjual makanan enak di kisaran harga Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-. Makan di sini lebih hemat dibandingkan restoran di Pualu Gili.

1 komentar: