Social Icons

Pages

Candi Borobudur



Candi Borobudur merupakan peninggalan bersejarah dari agama Budha di Indonesia. Keunikan Borobudur adalah jenis kuilnya. Kuil didekorasi dengan 2672 ukiran dan 504 patung Budha.

Populartias Candi Borobudur sudah melesat ke seantero dunia. Banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung melihat langsung Candi Borobudur. Kebanyakan mereka mengetahui Candi ini dari tayangan televisi seperti National Geographic.

Ketertarikan wisatawan asing ada pada kisah sejarah Candi Borobudur itu ada pada Candi itu sendiri yang dikenal sebagai sebuah kiasan raksasa untuk "pencerahan".


Perjalanan bermula dari dasar Candid an mengikuti jalur melalui tiga tahap kosmologi Budha, sebut saja Kamadhatu (dunia hasrat), Rupadhatu (dunia rupa), dan Arupadhatu (dunia tanpa bentuk). Jemaah Budha mulai dari dasar dan berjalan ke atas saat mengartikan setiap ukiran. Setiap ukiran menceritakan ajaran Budha, dan saat paham pada satu bagian berlanjut ke bagian berikutnya. Semakin jauh ukiran yang dipahami, semakin sulit memaknainya, saat semua ukiran berhasil dipahami dan sampai ke puncak candi, orang tersebut sudah mendapatkan “pencerahan”.

Candi Borobudur merupakan salah satu pusat wisata paling populer di Indonesia. Cukup banyak cara untuk bisa mencapai Candi Borobudur. Bis umum ada yang berasal dari Yogyakarta ditujukan untuk turis lokal. Jika senang petualangan, kita bisa mencoba Trans-Jogya dari pusat kota jogja ke Teminal Jombor di Utara Jogja. Di Jombor kita bisa berganti bis kea rah Borobudur.

Beberapa agen perjalanan juga menawarkan layanan antar jemput door to door dengan minibus dengan harga berkisar Rp 75.000,- per orang. Harga ini cukup hemat untuk cara mudah mencapai Candi Borobudur.



Candi ini dibuka untuk umum mulai pukul 6 pagi sampai 5 sore. Ada paket wisata turis asing seharga Rp 320.000,- untuk bisa menikmati nuansa subuh (4.30 pagi) di Candi ini. Tujuannya? Melihat matahari terbit dan menjelajah candi sebelum dipenuhi wisatawan lainnya. Untuk mengetahui sejarah Candi Borobudur banyak wisatawan asing yang menyewa guide profesional.

Sebagai orang Indonesia, kita harus berbangga karena Candi Borobudur merupakan salah satu situs bersejarah di dunia dan juga salah satu yang paling unik. Oleh karena itu marilah kita jaga kelestarian dan kebersihan Candi Borobudur. Jika bukan kita, siapa lagi?

Sumber gambar:
id.wikipedia.org
kotawisataindonesia.com

Suka dengan Candi Borobudur? Pernah kesana? apa pengalaman yang didapatkan?


1 komentar: