Social Icons

Pages

Wisata Belanja di Pasar Baru Bandung



afinarentcar.com
Mungkin tidak salah jika Bandung dikenal sebagai kota dengan banyak factory outlet (FO). Sekalipun demikian eksistensi Pasar Baru sepertinya tidak tergoyahkan dengan menjamurnya FO di Bandung. Bahkan konsumen dari negeri tetangga pun berbondong-bondong menyerbu barang dagangan di Pasar Baru. 

Pasar Baru Bandung yang juga dikenal dengan nama Pasar Baru Trade Centre merupakan pasar masa kini yang menjajakan berbagai kebutuhan sandang dengan harga bervariasi, berkualitas baik dan yang terpenting relatif terjangkau.

Sebagai sebuah pasar modern, siapa sangka jika Pasar Baru Bandung merupakan pasar tertua yang tetap eksis di Bandung. Menurut runtutan sejarahnya, Pasar Baru sebenarnya pasar pengganti pasar sebelumnya di daerah Ciguriang (saat ini adalah kawasan pertokoan Kings di Jalan Kepatihan) yang pernah terbakar dikarenakan kerusuhan di tahun 1842. Baru sejak tahun 1906 dibangun gedung semi permanen.

Di gedung baru inilah rentetan pertokoan terletak dibagian depan dan belakangnya dipenuhi los-los penjual. Kemudian tahun 1926 gedung ini dikembangkan melalui pendirian kompleks pasar permanen dengan area luas dan tertata.

Di tahun 2002, pemerintah memperbaiki Pasar Baru dan diresmikan di tahun 2003. Pada waktu belum berdirinya gedung modern beberapa lantai ini, Pasar Baru Bandung sangat terkenal sebagai tempat perbelanjaan dengan konsep pasar tradisionalnya. Sejak diresmikan tahun 2003, nama Pasar Baru Trade Centre mulai diperkenalkan.
www.bisnis-jabar.com
Perbaikan yang terjadi pada rentang waktu 2002 – 2003 sangat signifikan dan disebut-sebut sangat merubah keadaan Pasar Baru. Total penjual yang mengisi melonjak dari 500 orang menjadi 3500 orang. Hal ini dikarenakan bertambahnya jumlah lantai bangunan Pasar Baru yang bisa diisi para penjual. Sekarang tentu lokasi Pasar Baru Bandung dikenal sebagai lokasi yang ramai kegiatan penjual dan pembeli.

Sudah pernah wisata belanja di Pasar Baru Bandung? Apa kesan yang didapatkan? Silahkan berbagi dengan pembaca lainnya ya :)

2 komentar:

  1. Walaupun rumah cuma 2km an dari PBTC, tapi tempat belanja ini jadi pilihan ke sekian aja deh, kapok macetnya soalnya, hehe..
    artikel yang bagus mba/mas, salam kenal ya.

    BalasHapus