Social Icons

Pages

Pantai Panjang Yang Mempesona



Sudah pernah mendengar pantai panjang? Pantai sepanjang 7 km ini memiliki pesona yang tak terlupakan. Lokasi pantai panjang ada di Bengkulu. Pantai panjang merupakan tuan rumah beragam festival yang ada di Indonesia. Sebut saja Festival Patung Pasir, Festival Tabot dan Bengkulu Beach Festival.

Pantai Panjang terletak 2 km dari pusat kota. Di sekitaran pantai terdapat hotel yang memudahkan keperluan akomodasi wisatawan.

Dari Pusat Kota ke Pantai Panjang
Jika anda berkesempatan menyusur rute dari pusat kota ke pantai panjang bisa dijumpai berbagai pesona seperti Danau Dendam Tak Sudah, Simpang Padang Harapan, sampai hutan pantai (sebuah hutan buatan) yang berlokasi di muara pantai panjang. Lokasi inilah yang dinamakan Pantai Muaro.

Selain pesona bersihnya pasir pantai panorama dermaga kecil juga menghibur mata pengunjung. Desain alam yang berupa bebatuan yang menjorok ke dalam laut membuat penyuka pancing bisa menyalurkan hobi memancing dengan nikmatnya.

Tampak juga dari Pantai Muaro adalah Pulau Tikus yang terleta di tengah lautan. Pulau Tikus cocok untuk wisata laut. Jarak tempuh Pantai Panjang ke Pulau Tikus adalah 1 jam menggunakan boat.

Untuk menikmati suasana pantai, pengunjung bisa menyambangi pusat keramaian Pantai Panjang. Di sini sudah tersedia kursi berpayung lebar untuk bersantai sambil memesan minuman menyegarkan.

Pantai Panjang juga merupakan lokasi benteng bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini, Benteng Marlborough.

Benteng Marlborough di Pantai Panjang
Berkunjung ke benteng ini cukup mengeluarkan Rp 5.000,- untuk biaya kebersihan. Pengunjung akan melewati jembatan sebelum masuk ke bangunan utama Benteng. Sebelum jembatan, tampak empat batu nisan yang dua diantaranya adalah peninggalan masa Benteng York (benteng milik Inggris sebelum benteng Marlbourough). Di nisan-nisan tersebut tertulis George Shaw (1704), Richard Watts Esq (1705), James Cune (1737), serta Henry Stirling (1774). Di bawah jembatan dapat disaksikan parit yang mengelilingi benteng.

Pintu masuk bangunan utama berupa pintu tinggi berbahan baja hitam. Terkesan sangat sangar. Masuk bangunan sebelah kiri terpajang sejumlah foto kenangan Benteng Marlborough. Berbagai foto mulai dari jenis bangunan, aneka rempah-rempah, pemimpin kaum penjajah, sampai foto Bung Karno yang pernah ditahan di benteng itu.


Bangunan beteng di kelilingi bastion di bagian sudut-sudutnya. Bastion-bastion itu dikelilingi tembok yang dilengkapi lobang intai berbentu segitiga. Setiap bastion setidaknya memiliki dua kamar dengan langit-langit bertekstur lengkung dan dilengkapi cerobong berdiameter 80 centimeter menembus sampai atas Bastion. Kamar-kamar bastion dulunya berfungsi sebagai penjara untuk tahanan pemerintah Inggris.

Benteng Marlborough dibangun oleh East India Company (EIC) pada tahun 1713-1719 dibawah pemerintahan Gubernur Joseph Callet. Menurut cerita, benteng Marlborough merupakan benteng terkuat milih Inggris di kawasan Timur setelah benteng St. George Madras di India.

Bagian belakang benteng terpampang samudra Hindia yang luas dan berwarna biru. Bagi para penikmat pantai, pesona pantai panjang yang menawarkan panorama kebersihan pantai, aktivitas perahu dengan latar langit cerah akan mencuri hati dengan cepat.

Sumber gambar dalam postingan ini:
www.antarabengkulu.com
dythafitriyani.wordpress.com

Sudah pernah ke Pantai Panjang dan Benteng Marlborough?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar